lanjutan imunisasi

jenis penyakit yang dapat ditangkal dengan 5 imunisasi dasar lengkap:

  1. Hepatitis B, penyakit yang dapat disebabkan oleh virus Hepatitis B, menyerang hati dan dapat bersifat mendadak atau menahun. virus ini bila menginfeksi bayi, sebagian besar akan menjadi kronis yang mengakibatkan pengerasan hati (Cirhosis hepatis) dan kanker hati (Hepato cellular carsinomata), serta mengakibatkan kematian. penularan, melalui darah yang masuk melalui alat suntik yang tercemar, hub seksual, atau melalui ibu yang terinfeksi hepatitis B ke bayi selama proses persalinan. gejala, selera makan hilang, rasa tidak enak di perut, mual sampai muntah, nyeri dan rasa penuh pada perut sisi kanan atas, demam tidak tinggi, kadang2 disertai nyeri sendi. setelah satu minggu timbul gejala, selaput mata dan kulit tubuh berwarna kuning dan air seni berwarna coklat.
  2. Tuberkulosis, penyakit batuk2 lama (kronis) yang disebabkan oleh basil tuberkulosis (Mycobacterium tuberculosa) yang menyerang paru, kelenjar, tulang, sendi, kulit, dan selaput otak (disebut juga batuk darah). penularan: melalui pernafasan (terhirup), bersin atau batuk (percikan air ludah) penderita. gejala: anak sering batuk dengan demam dalam waktu lama dan berkeringat pada malam hari. berat badan kurang, lesu, kelenjar leher membesar, kadang2 diikuti dengan koreng yang tidak sembuh2.
  3. Polio (poliomyelitis), penyakit yang disebabkan oleh virus polio. penularan: melalui makanan/minuman yang terkontaminasi atau tercemari tinja/kotoran manusia yang terinfeksi virus polio. gejala: lumpuh layuh mendadak, nyeri pada tungkai.
  4. Difteri, penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh racun yang dikeluarkan basil difteri (Corynecbacterium diphthereae). penyakit ini menimbulkan demam mendadak dan sakit pada tenggorokan dan hidung. penyakit difteri dapat menimbulkan komplikasi berupa gangguan pernapasan (sumbatan jalan nafas), kelumpuhan otot pernafasan, atau gangguan jantung. penularan: melalui pernafasan/udara (batuk/bersin). gejala: demam mendadak, radang pada tenggorokan, hilang nafsu makan, sakit waktu menelan, sesak nafas.
  5. Pertusis, menrupakan penyakit infeksi akut pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh racun yang dikeluarkan basil pertusis (Bordetella pertusis). penyakit yang disebut juga batuk rejan atau batuk 100 hari ini, sering menimbulkan kematian karena radang paru-paru atau perdarahan otak. penularan: melalui udara (percikan ludah dari batuk/bersin penderita). gejala: bayi menderita batuk dan pilek, dengan hidung berair dan disertai panas. batuk tidak hilang walaupun sudah minum obat. malam hari batuk bertambah hebat, didahului dengan nafas dalam. batuk tidak dapat berhenti sampai diakhiri muntah. timbul perdarahan pada selaput mata dan menjadi bengkak.
  6. Tetanus, penyakit kejang yang disebabkan oleh racun yang dikeluarkan basil tetanus (Clostridium tetani). yang paling mudah terserang tetanus adalah bayi usia kurang dari 1 bulan. karena perawatan tali pusar setelah persalinan tidak steril dan ibunya belum pernah mendapat imunisasi TT. komplikasi tetanus adalah patah tulang akibat kejang, pneumonia, dan infeksi lain. penularan: melalui kotoran yang masuk ke dalam luka (tidak menular dari orang ke orang). gejala: tiba2 bayi tidak mau menyusu, ketika menyusu mulut nya seperti ikan, demam atau kejang.
  7. Campak, penyakit akut yang disebabkan oleh virus campak (Paramyxovirus viridae measles) bersifat sangat menular, yang menimbulkan demam dan merah2 pada kulit. penyakit ini berbahaya karena dapat menyebabkan komplikasi seperti radang paru dan otak. penularan: melalui udara pernafasan (percikan ludah penderita) dan kontak langsung. gejala: panas tinggi, mata merah dan sakit bila terkena cahaya, batuk atau pilek, serta timbul bercak2 merah pada kulit.

One Response to “lanjutan imunisasi”

  1. thank’z buat materinya,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: