education · Uncategorized

olimpiade olahraga siswa nasional

“We are the champions – my friends
And well keep on fighting – till the end –
We are the champions…we are the champions
No time for losers
cause we are the champions – of the world –“

LENGKINGAN suara Anik, siswi SLB Jawa Timur memenuhi ruangan Istora Senayan Jakarta, awal Agustus lalu. Lantunan lagu ”We are the Champion” milik grup musik legendaris Queen yang dia bawakan, seakan menggetarkan hati para peserts Olimpiade Olahraga Siswa Nasional dan undangan yang hadir pada acara pembukaan.
”Suasana sangat meriah sekali. Sangat luar biasa. Biasanya saya hanya lihat melalui televisi namun saat ini saya mengalami secara langsung,” kata Elvin Lampelulu, S.Pd. Guru SD Inpres 1 Kawatuna, official tim Sulawesi tengah.

Suasana meriah tampak di acara pembukaan. Ada penampilan rancak 100 orang cheerleaders yang menari, melompat, bersalto dengan lincah dan teratur di antara alunan musik dan gemerlap lampu warna-warni. Mereka adalah siswa-siswi SMP Jakarta.

Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo didampingi Ketua Umum KONI Rita Subowo membuka perhelatan yang rencananya akan digelar rutin setiap tahun. Raungan sirine menjadi tanda dimulainya ajang olahraga bergengsi tingkat nasional ini. Menteri sempat menyatakan kekagumannya atas meriahnya suasana pembukaan. “Hal ini membuktikan bahwa pendidikan bisa melakukan sesuatu yang menggetarkan,” kata Bambang.

Olimpiade olahraga ini di tahun sebelumnya dilaksanakan terpisah-pisah. Masing-masing jenjang menggelar sendiri-sendiri. Mulai tahun 2008 olimpiade digelar bersama, seperti halnya olimpiade sains nasional yang sejak 2004 digelar bersama untuk semua jenjang pendidikan. Kelebihan Olimpiade Olahraga ini juga diikuti siswa SMK dan Sekolah Luar Biasa (SLB).

”Atlet-atlet tersebut diharapkan menjadi atlet profesional yang bisa menjadi wakil Indonesia di berbagai ajang seperti SEA Games, ASIAN Games, dan sebagainya,” katanya.

Total peserta yang hadir sebanyak 5016 ini. Mereka wakil dari 33 provinsi yang datang dengan seragam masing-masing kontingen. “Mereka yang ikut di acara ini merupakan hasil seleksi yang diadakan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi. Peserta O2SN ini adalah para juara di tingkat provinsi,” kata Prof. Suyanto, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Selain sebagai ajang mencari atlet handal Mendiknas mengatakan O2SN juga dimaksudkan untuk menjadi perekat NKRI. Kata Menteri di even ni siswa-siswi terbaik di bidang olahraga dari seluruh provinsi di Indonesia, berkumpul di Istora Senayan untuk silaturahmi dan berinteraksi secara multikultural. O2SN menjadi wahana pendidikan di bidang multikultural siswa-siswi bisa berinteraksi untuk saling mengenal, saling membangun jejaring agar terbiasa dengan pergaulan tingkat nasional. ”Melalui O2SN ini kami ingin bangun nasionalisme di bidang pendidikan, persatuan dan kesatuan Indonesia bisa makin kokoh melalui berbagai lomba yang ada melalui O2SN para peserta akan membawa nama baik sekolah,” kata Bambang.

MF ARIEF DAN ANURANNISA

4 thoughts on “olimpiade olahraga siswa nasional

  1. Please let me know if you’re looking for a article author for your blog. You have some really great posts and I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d really like
    to write some material for your blog in exchange for a
    link back to mine. Please send me an email if interested.
    Thank you!

  2. Greetings from Colorado! I’m bored to tears at work so I decided to check out your website on my iphone during lunch break.
    I love the info you provide here and can’t wait to take a look when I get home.

    I’m amazed at how fast your blog loaded on my mobile ..
    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, wonderful site!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s