fiction

Sang Murrobi

Seonggok kemanusiaan terkapar, siapa yang mengaku bertanggung bertanggungjawab? Bila semua menghindar, biarlah saya yang menanggungnya, semua atau sebagiannya (Syaikut Tarbiyah, Ustadz Rahmat Abdullah)

Kinetransfer. Memindahkan format betacam digital ke Seluloid atau membuat Copy Master yang biasa disebut Copy A, biayanya sebesar $30.000 atau Rp.300.000.000,- dengan kurs dollar sebesar Rp.10 ribu. Pekerjaannya pun tidak dapat dilakukan di Indonesia(karena memang belum ada fasilitas untuk itu) melainkan di Bangkok, India, atau Australia.

Audio Post Dolby Stereo. Untuk dapat dinikmati dengan baik di bioskop biasanya audio dalam film menggunakan Sistem Dolby Stereo. Biaya untuk Audio Post ini sekitar 100 juta rupiah.

Lisensi untuk dapat menggunakan System Dolby Stereo sekitar 2.500 pondsterling, berarti kurang lebih 50 juta rupiah, kalau kita anggap kurs dari poundsterling ke rupiah 20 juta rupiah.

Setelah Master Copy A jadi, maka dibuatlah Copy B sebanyak jumlah layar bioskop yang hendak kita putar. Satu Copy B menelan biaya antara 10 s/d 60 juta tergantung kualitas positif filmnya. Kita anggap saja, kita memerlukan 20 Copy B dengan kualitas sedang. Berarti 20×20 juta, sama dengan Rp.400juta.

Total biaya yang diperlukan untuk dapat diputar di 10 bioskop adalah Rp.850juta.

Diatas adalah hitung-hitungan untuk memproduksi sebuah film. Sang Murrobi saat ini menjual filmnya dalam bentuk DVD dan VCD, dengan sistim pemesanan. Guna mendobrak kapitalisme produksi film, yang kebanyakan hanya menjual mimpi.

Pertanyaannya kemudian adalah: sanggupkah film Sang Murabbi meruntuhkan tembok raksasa ini? jawabnya: Tunggu dan lihat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s