religion

andai surga dan neraka tak pernah ada

Doa Rabiah Adawiyah

“Wahai Tuhanku, jangan jadikan aku kelewang di tangan penakluk perkasa. jelmakan aku jadi tongkat kecil penunjuk jalan si orang buta.

“Wahai Tuhanku, jangan jadikan aku pohon besar yang kelak jadi tobak dan gada peperangan. jelmakan aku jadi batang kayu rimbun di tepi jalan, tempat musafir berteduh memijit kakinya yang lelah.

“Wahai Tuhanku, apapun juga bagian dari dunia kini yang akan Kau anugerahkan kepadaku, anugerahkanlah itu kepada musuh-musuh-Mu. dan apa pun juga bagian dari dunia akan tiba yang akan Kau anugerahkan kepadaku, anugerahkanlah itu kepada sahabat-sahabat-Mu.

“Wahai Tuhanku, sesudah aku mati masukkanlah aku ke neraka. dan jadikan jasmaniku memenuhi ruang neraka, sehingga tak ada orang lain dapat dimasukkan ke sana.

“Wahai Tuhanku, bilamana aku menyembah-Mu karena takut neraka, jadikan neraka kediamanku. dan bilamana aku menyembah-Mu karena gairah nikmat surga, maka tutupkan pintu surga selamanya bagiku.”

satu hikmah yang saya terima adalah, jujur diakui, kita semua beribadah untuk berlomba2 menggapai surga. manusiawi tidak ada yang menginginkan neraka. tapi, sebenarnya apa kita masih mau giat beribadah, bila surga dan neraka tak pernah ada? (bukan ahmad dhani ya…) dalam doa ini, tidak ada lagi keinginan untuk merasakan surga atau neraka. semua ibadah dan amal perbuatan semata2, yang ada hanya Allah, yang ada hanya Allah.

2 thoughts on “andai surga dan neraka tak pernah ada

  1. ne, kata andai itu jalan masuk setan lho ne..
    pilihan kata andai kurang tepat kayaknya.
    afterall, ini postingan yg bagus

  2. lovely post…

    but just my opinion…mgkin krn ilmu gw yg masih kurang, tp tmpknya gw kurang stuju klo kita mengandaikan bgitu…soalnya, surga dan neraka memang diciptain Allah bwt menggiurkan hambaNya untuk berlomba2 bukan?? Dia yg memutuskan untuk menciptakan su-ka (surga – neraka) itu sbgai hadiah… jd gw pribadi mlh kurang berani berandai spt itu…tkt menodai hak Allah…

    tp begimanapun, dengan adanya surga dan neraka pun, org yg ud bnr2 beriman dan terus di tambah keimanannya, pasti tujuan akhirnya bukan surga, tapi mo bersanding dgn rasulullah saw dan liat Allah dengan mata kepalanya (klo bisa malah menyentuhnya bwt mlepas rindu)…dan katanya kan Allah merindukan org yg rindu padaNya..bnr ga sih?? (huuuwww mudah2an kita jd org2 itu yah…*kita?? gw aje kali?? hehehe*)

    jd mungkin klo teori gw awalnya tergiur surga, terus makin masuk ke islam jd tergiur isinya surga, makin beriman lg jd tergiur ma calon2 penghuninya, dsb-dsb, ampe ujungnya ya yg diatas itu…

    tau ah…ko gw malah jd ngelantur panjang gini?? ni kan blog elo, ko jd gw yg posting?? (hehe) …maaf klo ada salah…ga ada maksut ngacak2 blog lu…mudah2an manfaat…amiinn…

    *Not too tough_not so sure_unsaint_but it’s pure*
    (chup@chups)

Leave a Reply

