fiction

Poetry

semester ini saya  dapet matkul “poetry”. pertama kali tau, saya bingung, puisi aja ko ada matkul khusus nya ya…

masalahnya, puisi yang pake bahasa Indonesia aja saya ga bisa ngerti, apalagi bahasa Inggris. apa seninya berpuisi aja saya masih ga paham. kadang ngrasa ajaib juga ngliat orang2 bisa ngarang puisi, ko bisa ya…bahasanya berbunga2 gitu, dapet darimana ya kata2 nya (yang pasti seh bukan dari lemari lu ne) kaya nya saya udah me-melankolis-kan diri semelankolis2-nya ga bisa juga. “ya Allah kenapa saya tidak di beri sedikit saja rasa keindahan untuk memahami puisi” hehe…

sering banget saya coba baca satu puisi, selese baca, sedikitpun makna yang terkandung didalamnya ga nyantol di otak saya.

waktu kuliah di FKM, saya disuruh ngbedah makhluk hidup. sekarang, di sastra saya disuruh ngbedah puisi, dan ternyata gampangan nyari letak pembuluh vena dibanding nyari maksud dari puisi.

kurang lebih 2 bulan matkul poetry ini berlangsung, saya mulai suka. apalagi kalo miss elve (dosennya) dah ngasih clue2 dari sebuah puisi. kalo dah bisa ngartiin semua vocab dan tau makna dari puisi itu ehm…rasanya kaya berhasil naek ke puncak gunung gede (maklum baru pernah naek gunung gede, jadi tau nya itu doang). jadi anak sastra emang harus agak “miring” tapi saya lebih bisa enjoy sama puisi Inggris dibanding Indonesia. ternyata romantis…(mang lu tau ne romantis?). mo saya tulis disini kepanjangan.

ini puisi yang saya dapet waktu UTS:                                                                       Meeting at Night By Robert Browning

The gray sea and the long black land;                                                                       And the yellow half-moon large and low;                                                               And the startled little waves that leap                                                                          In fiery ringlets from their sleep,                                                                                  As I gain the cove with pushing prow,                                                                      And quench its speed i’ the slushy sand.

Then a mile of warm sea-scented beach;                                                                   Three fields to cross till a farm appears;                                                                        A tap at the pane, the quick sharp scratch                                                                 And blue spurt of a lighted match,                                                                                 And a voice less loud, through its joys and fears,                                                Than the two hearts beating each to each

ini puisi pertama yang saya kerjain bener2 sendiri dan berhasil. mungkin kalo orang lain bisa gampang dan cepet ngartiin nya ya…tapi karna saya baru bisa, jadi agak norak deh🙂

nah ini puisi saya pas UAS:

VIRTUE By George Herbert

Sweet day, so cool, so bright,                                                                                        The bridal of the earth and sky,                                                                                     The dew shall weep thy fall to night,                                                                          For thou must die.

Sweet rose, whose hue, angry and brave,                                                                 Bids the rash gazer wipe his eye his eye,                                                                  Thy root is ever in its grave,                                                                                           And thou must die.

Sweet spring, full of sweet days and roses,                                                                    A box where sweets compacted lie;                                                                               My music shows ye have your closes,                                                                        And all must die.

Only a sweet and virtues soul,                                                                                         Like seasoned timber never gives;                                                                              But though the whole world turn to coal,                                                                  Then chiefly lives.

dan saya juga berhasil ngerjain puisi ini beserta majas2nya dan stanza mean nya. puisi ini ternyata bagus loh artinya, bahwa bila kita selalu berbuat baik di dunia, pasti apapun yang kita dapet di manapun itu selalu untuk orang2 yang selalu mempunyai jiwa yang baik, seperti judulnya VIRTUE.

2 thoughts on “Poetry

Leave a Reply

