religion

tidur gaya siti Aisyah

tidurSuatu ketika, disaat Siti Aisyah hendak ke peraduannya, Rasulullah datang menghampiri dan berkata, “Ya Aisyah janganlah engkau tidur sebelum khatam Al-Quran, sebelum membuat para nabi memberimu syafaat di hari akhir, sebelum para muslim meridloi kamu, sebelum kau laksanakan haji dan umroh.

Lau Aisyah bertanya, “ya Rasulullah, bagaimana aku dapat melaksanakan empat perkara seketika?”

Sambil tersenyum Rasul bersabda, ”Jika engkau tidur bacalah surah Al-Ikhlas tiga kali seakan-akan engkau meng-khatamkan Al-Quran. Kemudian bacalah sholawat untukku dan para nabi sebelum aku, maka kami semua akan memberi syafaat di hari kiamat. Lalu beristighfarlah untuk para muslimin maka mereka akan meridloi kamu. Dan juga perbanyaklah bertasbih, bertahmid, bertahlil, bertakbir maka seakan-akan kamu telah melaksanakan ibadah haji dan umroh.”

Agar tidur kita lelap, disunnahkan pula untuk membersihkan diri (bukan berarti mandi lho!). pastikan wajah kita sudah terbebas dari make-up, sekalipun kita merasa sangat lelah untuk membersihkannya. Bila kita malas untuk memakai susu pembersih lengkap dengan tonernya, basuhsaja wajah kita dengan air sabun khusus untuk wajah. Lalu kita berwudhu.

Seperti yang diriwayatkan oleh Al-Bara’ bin Azib, bahwa Rasulullah bersabda, ”apabila kamu akan tidur, maka berwudhulah sebagaimana wudhu orang shalat, kemudian berbaringlah dengan miring ke sebelah kanan.”

Sedangkan untuk mendapatkan wajah yang segar di pagi hari, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Salah satunya adalah dengan membasahi handuk kecil dengan air hangat dan dua tetes air jeruk nipis, kemudian basuh wajah kita dengan handuk tersebut. Setelah itu, biarkan selama dua menit, baru tidur. Dijamin segar keesokan harinya.

Selain itu disunnahkan pula membersihkan kamar. Seperti hadits riwayat Abu Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda, apabila seorang dari kamu akan tidur, maka hendaklah mengirapkan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu.”

Agar suasana kamar yang mendukung. Suasana kamar yang gelap dan tenang membantu kita untuk tidur nyenyak. Misalnya, pasang musik dengan irama lembut. Bila kita tidak suka dengan ruangan yang terlalu gelap, gunakan lampu kecil sebagai alat bantu penerangan.

Apabila kita tipe orang yang susah tidur, cobalah untuk membaca buku-buku ringan sekitar sepuluh menit atau mendengarkan musik sebagai pengantar tidur ”bismika Allahuma ahya wa amuut.”, ”dengan nama Allah aku hidup dan aku mati.”

tentu ada baiknya jika kita pun meniru cara Siti Aisyah tidur.

One thought on “tidur gaya siti Aisyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s