Daily

Asal Gusur

Kemarin dulu salah seorang temen saya yang bernama Cira mengadu kalo rumahnya terkena peringatan untuk digusur. Wilayah tempat tinggalnya yang di Grogol, Jakarta barat memang rawan penggusuran. Dalam bayangan saya, rumahnya yang belum lama saya datangi untuk bersilaturahmi akan luluh rata dengan tanah. Sebab itu, saya bertanya: “terus nanti rencananya mau tinggal dimana?” dia menjawab: “ya tetep seh masih dirumah itu, soalnya yang digusur cuma sebagian doang.” oohh…paham saya bagian rumahnya yang hilang nantinya hanya depan atau belakangnya saja. Sehingga saya tidak bertanya lebih lanjut. Toh dia aman, huniannya masih dapat dipergunakan.

Selang beberapa waktu, dia kembali melapor bahwa rumahnya sudah digusur. “main yuk, sekalian liat rumahku yang baru digusur.” katanya. Ok, kita ramai2 mengunjungi. Alamak, betapa kagetnya kita, ternyata rumahnya yang digusur bagian tengahnya.

Begini, idealnya sebuah rumah terdiri dari ruang depan atau ruang tamu, ruang tengah atau ruang makan, dan ruang belakang atau dapur, beserta kamar tidur dan kamar mandi. Nah, berhubung rumah teman saya yang di bagian tengah atau ruang makan di bawah lantainya ada kali, maka hanya bagian itu yang harus di gusur. Jadi, keadaan rumah teman saya itu pertama masuk teras, ruang tamu, lalu kalo kebelakang lagi kita akan menemukan kali yang ada jembatannya, setelah itu baru dapur dan kamar mandi. Kalo mo ke dapur, berarti harus meniti jembatan dulu. Rumah2 yang sederet dengan rumah Cira juga sama keadaannya. Poko’nya bangunan yang diatasnya kali harus digusur, apapun itu keadaannya.

Karena belum dirapihkan, kita bisa melihat dapur tetangga hehe…ada2 aja Jakarta.

S6302047
beginilah keadaan rumah teman saya itu...

100_3390

Leave a Reply

