Uncategorized

weaning with love

S3

asix

saya sudah pernah bercerita tentang kekuatan kata-kata disinidisini yang saya praktekan ke Faqih, sekarang saya mau cerita tentang kekuatan kata2 ke Farouq, ketika tiba saat nya dia di sapih. Farouq ini nenen nya kuat banget. Alhamdulillah Allah kasih kemudahan full ASI ga di campur sufor sama sekali sampe usia 2thn. Terkadang ditinggal bunda nya tugas kantor luar kota sampe semingguan, ko’ ya ga lupa sama nenen nya. Pulang2 masih dilanjut hehe…
Nah, menjelang usia 2thn, saya sama suami siap2 melakukan penguatan melalui kata2 ke farouq. Sebulan menjelang ulangtahun nya yang ke2, setiap malam mau tidur saya selalu bilang kalau Farouq anak hebat dan sholih. Buya nya sampe bawa kalender ke depan Farouq, lalu kita kasih tau kalo sekarang tanggal 1 januari 2015. Kita tunjuk tanggal nya di kalender. Lalu kita tunjuk lagi tanggal 1 Februari 2015, yang berarti tanggal segitu Farouq udah ga nenen lagi. Kita jelaskan masih ada kira2 30hari lagi buat dia pelan2 mengurangi frekuensi nenen.

 

Di lain waktu, juga saya berusaha mengalihkan perhatian Farouq dengan mengajak nya bermain di kala biasa nya dia waktu nya nenen. Sambil terus saya jelaskan, kalo nanti tanggal 1 Februari 2015, Farouq bunda belikan kue tart, ada teman2 datang ke rumah Farouq , kita bermain dan makan bareng, dan malam nya Farouq udah ga nenen. Reaksi anak nya mengerti dan iya2 gitu. Yess…paham kayak nya dia.
Dan malam pun tiba…tadaaa…Farouq minta nenen…hahaha…terus saya bilang, “loh, kan tadi kita udah potong kue yang artinya Farouq udah ga nenen” tapi dia masih merengek dan akhir nya saya kasih nenen lagi tapi dengan terus saya motivasi agar Farouq mandiri dengan tidak nenen lagi. Waktu pun berjalan, ga terasa Farouq bisa disapih dengan sendirinya setelah 4 bulan berlalu. Tanpa drama dan tidak menyakiti satu sama lain. Saya tidak memakai cara nenen nya dioles2 apapun, membohongi dengan bercerita nenen nya habis, ga enak, dll.

 

Saya hanya terus memotivasi dan meminta kerjasama nya melewati weaning ini benar2 dengan love and happy. Yess…weaning with love. Farouq menyapih dirinya dengan kesiapan sendiri. Ya…tiba2 Farouq bisa tidur sendiri tanpa nenen. Kalau malam terbangun, Farouq hanya meminta air putih, habis itu tidur lagi. Memang S3 ASI kan 2thn lebih ya bukan 2thn pas.

Berikut tips weaning with love dari saya,
1. Sebelum melakukan weaning with love, bunda harus jujur sama diri sendiri, apakah sudah siap atau belum? Karna kesiapan bunda adalah modal utama.
2. Berikan waktu untuk kesiapan anak dari due date, agar anak tidak kaget kalau tiba2 harus disapih. Kalau perlu bisa mengikuti saya dengan ikut memperlihatkan kalender. Jelaskan kapan anak disapi. Hitung bareng2 berapa hari lagi anak disapih.
3. Terus memotivasi anak dengan kata2 positive. Jangan pernah lelah bunda, jadilah trainer nomor satu untuk anak2 kita.
4. Ciptakan suasana penyapihan dengan gembira. Alihkan anak dengan membuat ritual baru menjelang tidur. Missal nya dengan minum susu bersama anggota keluarga di gelas sambil mengobrol. Lalu dilanjutkan gosok gigi, mencuci kaki dan tangan, lalu membaca buku cerita. Kalo Faqih mau nya sambil dipijat.
5. Buat kesepakatan kerjasama dengan anak. Dan jangan bosan mengingatkan anak mengenai kesepakatan awal. Beritahu bahwa kita bisa melewati ini bersama.
6. Bunda harus happy. Karena dengan happy bunda pasti lebih sabar, dan anak pun akan merasakan aura yang menyenangkan dari bunda nya. Dengan begitu, anak akan siap menyapih sendiri.
7. tidak perlu risau bila hari itu (saat anak pas 2thn) belum bisa disapih. butuh waktu anak menjalani prosesnya dengan smooth. ingat loh bunda, ASI itu 2tahun lebih.

Selamat mencoba.

berikut foto2 tasyakuran milad farouq yang diadakan di halaman depan rumah
IMG_1760

IMG_1756

IMG_1755

IMG_1762 (1)

One thought on “weaning with love

Leave a Reply

