holiday · Uncategorized

trip to sumbar

tadi nya rencana pulang kampuang nan jauah di mato alias ke sumatra barat ada di akhir tahun ini. tapi Allah mengizinkan kita sekeluarga pergi di tengah tahun, tepatnya bulan Juni 2015. seminggu sebelum puasa ramadhan. dari menikah saya baru sekali ini diajak ke kampung suami. karna setelah menikah saya berturut2 hamil, melahirkan, dan menyusui. sengaja nunggu anak2 agak gedean dikit biar bisa main2 sendiri sehingga bunda nya pun bisa enjoy jg. abis kan kalo masih pada kecil2 susah cari makan nya, nyusuin nya, belum lagi harus digendong.

liburan kita kali ini sebenarnya agak dadakan. sebulan sebelum berangkat, pulang kerja buya nya kasih kabar kalo harus dinas ke Sumatra barat. trus buya bilang “kenapa kita ga sekalian pulang kampung sekeluarga” kan lumayan juga ya satu tiket dibayarin kantor, tinggal kita bertiga yang beli. hari jumat, pesawat berangkat jam 13.40. pagi, buya nya ngambil raport Faqih di sekolah. sedangkan bunda nya masih bisa ngantor dulu. abis ngambil raport, buya, Faqih&Farouq naik taksi ke bandara dari depok. saya naik Damri dari bogor. saya agak menyepelekan jalanan lengang, dari kantor santai aja jam 10.30. ternyata jalanan macet yang ke arah bandara. di dalam damri saya cemas, sempat terpikir mau turun cari ojek, tapi saya urungkan niat dan ganti dengan berdzikir. alhamdulillah masih keburu, walaupun sudah di menit2 terakhir.

sampai di padang, kita dijemput kakak sepupu buya, lalu kami check-in di hotel basco. karna buya harus menyelesaikan tugas nya dulu di UNP selama 2hari. selama buya kerja, saya dan anak2 main di hotel, berenang, dan wisata kuliner. saat itu kita mencoba ikan bakar padang, es duren iko gantinyo, RM. lamun ombak, nasi kapau uni Lis, dl

hari ketiga setelah pekerjaan buya selesai menjelang malam, kita dijemput teman buya, nama nya bang Maisar. lalu kita menginap di rumah nya di padang panjang, disambut hangat oleh keluarga nya. di padang panjang banyak makanan enak. pagi2 kita sarapan di restoran gumarang, sambil melihat langsung gurung berapi. menunya banyak dan enak2. ada mie rebus padang yang enak banget, teh susu, ketan alpukat, dll
IMG-20150827-WA0004

setelah sarapan kita mengelilingi gunung berapi, dan bermain di pacuan kuda.
siang nya, kita dijemput kakak sepupu buya, seorang dosen di Universitas batusangkar. sekalian kita mampir ke Istana Baso Pagaruyung sempet foto2 pake baju adat minangkabau. sewa nya murah aja loh, hanya 35rb satu stel dan gratis foto di seluruh area istana. akhirnya saya kesampean juga jadi anak daro, soal nya waktu nikah ga pake beginian.
IMG-20150827-WA0007

pulang nya melewati danau singkarak. main2 sebentar, di tepi danau, anak2 senang sekali. ohya, hari ini juga akhirnya saya merasakan sate padang mak syukur, horeee…menurut saya seh rasanya biasa aja, cuma jadi ga penasaran aja gitu, secara presiden kalo ke sumbar pasti makan disini.
anugerah nurannisa

malam nya, kita kumpul di rumah amak di bukittinggi bersama kakak2 sepupu buya. faqih&farouq senang karna banyak temannya. saya juga tidak khawatir anak2 tidak bisa tidur tanpa AC, karna disini udara nya dingin bgt. amak ini nenek nya faqih&farouq.
besok pagi nya kita berjalan kaki di sekitar rumah, menikmati udara yang asli masih segar bgt. rencana kita hari ini lumayan padat. setelah menyiapkan bekal kita pergi ke puncak lawang…wow deh pemandangan nya. disini biasa buat tempat paralayang. dibawah nya ada danau maninjau yang jernih bgt. serasa kita bisa menyentuh awan.

puncak lawang

kita piknik diatas puncak lawang, menggelar bekal yang dibawa dari rumah. rendang suwir, udang cabe ijo, sayur kerang, dan ayam goreng. ga tau deh berat badan nambah berapa neh.

dari puncak lawang, kita ke lobang jepang. buya nya sukses gendong farouq pulang pergi ke lobang yang naik tangga nya tinggi. abis itu kita ke diorama, dan ke jam gadang. sebelum pulang makan itik lado mudo sama gulai lambusu, yaitu usus sapi yang diisi tahu sama telor, saya ga begitu doyan seh.
ohya, di jam gadang ada jajanan krupuk lebar yang dikasih bihun goreng sama bumbu sate padang, enaaakkk…dan saya mau lagi…

selesai sudah jalan2 dan makan2 nya…hari ini kita pulang, hari pertama puasa. sahur di bukittingi dan berbuka di depok. saat nya detoks tubuh dengan puasa setelah seminggu ga nemu sayur…
IMG-20150827-WA0011

berikut ittinerary sumbartrip kita kemarin: