children · education · F&F · healthy · holiday

camping di Mandalawangi

akhir bulan Oktober 2015 kemarin, kita sekeluarga berlibur ke daerah pegunungan. kami berangkat jam 4 pagi. shalat shubuh di masjid yang telah disepakati sebagai titik kumpul bersama teman2 khalaqoh buya nya. setelah shalat shubuh berjamaah, kita melanjutkan perjalanan menuju puncak. anak2 sarapan di mobil. mampir sebentar di masjid at-ta’awun untuk shalat dhuha. lalu kita melanjutkan perjalanan ke daerah Cibodas. setelah puncak pass turun sedikit ke kanan jalan ada plang ke taman wisata Cibodas. biaya masuk nya 35.000 kalo ga salah, sekitar segitu lah… masuk kedalam, kita parkir pas di pintu masuk camping ground Mandalawangi. jalan nya ga jauh seh, begitu masuk kita sudah melihat banyak tenda2 terpasang. kalo yang ga bawa tenda, bisa sewa disana seharga Rp.100.000 lengkap dengan kasur nya.

kami langsung memasang tenda, tepatnya buya nya aja yang masang tenda, kita bertiga main2 aja. tenda kita tepat di atas sungai yang mengalir jernih dan berbatu2. dasar anak2 saya emang bolang, langsung minta nyebur. air nya dingin segar. kebetulan emang anak2 belom mandi dari rumah karna berangkat nya pagi2 banget. bahagia banget faqih&farouq main di sungai. setelah bersih2 di kamar mandi yang ada disana (kamar mandi nya cukup bersih, lumayan lah…) kita makan siang (atau makan pagi) bersama…dilanjutkan shalat dzuhur berjamaah dan sharing sebentar. rombongan kita saat itu ada kira2 10 keluarga, setiap keluarga bawa kendaraan dan tenda masing2.

saat nya kita hiking ke taman wisata Cibodas untuk melihat air terjun. untuk sampai kesana dari camping ground Mandalawangi kita harus hiking 2670mdpl. jalannya berupa tangga2 batu, tapi track nya cukup tajam karna hampir naik terus. faqih jalan sendiri, karna saya sudah tidak kuat gendong dia. sedangkan buya nya gendong farouq. tapi hampir setengah perjalanan farouq juga jalan sendiri. sebaiknya kalo kesini bawa bekal yang lumayan banyak terutama air minum. apalagi kalo bawa anak kecil. di tengah perjalanan, faqih sempat istirahat dan habis seporsi nasi+nugget.

perjalanan naik ke air terjun cibodas dan turun lagi ke tenda kira2 5-6 jam. sampai di tenda sudah hampir maghrib. setelah mandi, kita minum minuman hangat dan makan indomie di warung2 yang ada di dalam camping ground. kalo mau bikin api unggun, warung2 ini sudah menyediakan kayu bakar nya seharga 10.000,- karna sudah sangat capek, kita langsung masuk tenda. tapi yaaa…ini anak2 ko’ ga ada capek nya…masih rame bercanda, lari2, jumpalitan…sumpah bunda+buya nya lobettt polll…anak2 setelah dipaksa baru mau diam…itupun Farouq masih main sendiri, kita bertiga tidur…

anak2 tidur nyenyak. alhamdulillah F&F anak yang easy banget. diajak kemanapun ga pernah rewel, menangis, atau merengek. selagi ada kita orangtua nya, mereka berdua anteng aja. mau liburan ke mall, hotel, rumah biasa, panas2an, gunung, laut, naik pesawat, atau perahu kayu (waktu kita ke pulau tidung dan menempuh perjalanan 1,5jam), angkot, kereta, bajaj, becak mereka happy aja. terkadang mereka asyik aja main berdua. memang inilah alasan kita membawa mereka ke gunung. alam kan mengajarkan banyak kebaikan. di alam, kita diajarkan untuk rendah hati, bersabar, tidak sombong, dan semangat. seperti hiking kali ini, selama di perjalanan, F&F bisa sambil belajar melihat pohon2 yang hanya tumbuh di hutan, tanaman2 yang bisa dimakan, dan hewan2 yang baru mereka lihat. di alam, anak2 diajak untuk mentadaburi ciptaan Allah, bahwa kita manusia harus menjaga alam agar tercipta keseimbangan hidup. sama2 menghargai, bahwa kita butuh alam untuk tempat tinggal. saya berharap F&F bisa menghargai alam, dimana mereka melihat sendiri, banyak orang2 yang hiking juga yang masih membuang sampah sembarangan, dan mencorat-coret batu disana. kalo kata aa gym “sekolah SD 6th, SMP 3th, SMA 3th, Kuliah 5th, buang sampah masih sembarangan, belajar apaan ya…” selama hiking F&F juga belajar untuk tetap semangat sampai di tujuan walaupun capek, fokus pada tujuan dan pantang menyerah. perjalanan lama karna sering istirahat gapapa. karna calon pemimpin itu harus berjiwa tangguh dan bertubuh kuat ya anak2 ku…banyak pelajaran yang bisa saya share dari naik gunung ini ke faqih&farouq, saya ajak secara langsung mereka menyatu dengan alam. menghirup udara hutan, menyapa tumbuhan dan binatang, mandi di sungai, manjat pohon, main batu, tidur di tanah, dan berolahraga di pagi buta. saya berharap F&F bisa berkompetisi secara sportif kelak kalo udah besar. berlapang dada menerima kekalahan dan tidak berbesar hati saat menerima kemenangan, ya salah satu nya dididik dari alam ini. ahhh…kita bakal sering2 balik lagi ke gunung neh. buya nya udah ga sabar mo ngajak ke gunung semeru. foto keluarga berlatar belakang ranu kumbolo bagus kali ya…

tidur di tenda, bunda nya yang ga bisa tidur. mata seger dari tengah malam sampe pagi. anak2 sama buya nya pulas…pagi hari setelah shalat shubuh, olahraga ringan, lalu kita bongkar tenda. packing ke mobil, trus kita cari bubur ayam dulu. beli oleh2 dan pulang…