education · mind n soul · Uncategorized

ayo, belajar sejarah

kayak nya hampir semua masyarakat Indonesia tahu kalo 10 Nopember itu hari pahlawan. untuk yang tidak memahami arti dari pahlawan sesungguh nya mungkin hari itu terlewati begitu saja tanpa makna. saya mungkin juga dulu begitu. saya suka baca buku sejarah, tapi abis itu lupa begitu saja. tapi setelah nonton film “Guru Bangsa Tjokroaminoto” saya “kena” banget. memang ya visual tuh bisa menceritakan lebih dari sekedar kata2. pelajaran juga buat saya neh ngajarin anak2, bahwa untuk mengerti akan sesuatu atau pelajaran, anak tidak harus selalu duduk di bangku sekolah. terkadang dari perjalanan, tayangan, atau praktek langsung bisa lebih mengena.

emang film ‘guru bangsa Tjokroaminoto’ ini berat banget. durasi nya hampir 3jam. nonton nya di bioskop biar konsentrasi penuh. setelah itu saya nonton film “Jenderal Soedirman” ini bagus juga. tapi sayang, pemerannya adipati dolken, kalo menurut saya kurang pas gitu. 2 film ini sukses bikin saya paham betul bagaimana kondisi peperangan saat itu. bikin saya mengerti betul arti perjuangan para pahlawan kita. sayo dong, para sineas Indonesia bikin lagi film sejarah. kalo sejarah nabi dan para sahabat nya seh saya lebih seneng baca.

nah, yang bikin saya geregetan pengen bgt nulis disini, adalah banyak banget meme tentang para pahlawan kita di medsos. saya ko’ jadi sedih gitu loh. yang paling banyak seh meme tentang G30S/PKI. saya menganggap itu semua ga lucu…bener2 ga lucu sama sekali. ga usah saya kasih contoh nya disini lah ya meme nya. ga sampe hati. cobalah berempati sedikit, seandainya kita salah satu keluarga korban yang meninggal saat perang tsb. bagaimana perasaan ny? mereka tidak minta dihormati dan dihargai. malah terkadang ada para veteran kita yang hidup nya tidak dijamin negara. padahal saat itu, mereka mepertaruhkan nyawa untuk memperjuangkan kemerdekaan negeri ini. mereka pergi berperang belum tentubisa kembali lagi. keluarga mereka menjadi taruhan nya. yang bikin meme itu sudah pasti tidak nasionalis. jauh banget keren nya dari para pahlawan kita yang heroik. kalo kata Soekarno: “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”

soe

dalam Islam pun, kita diharuskan mempelajari sejarah. berma’rifatul kepada nabi dan para sahabat nya. banyak sifat positive yang bisa kita teladani. dan kehidupan itu seperti roda kehidupan yang terus berputar. salah satu manfaat mempelajari sejarah agar kita tidak terjebak ke dalam lubang yang sama. kalo mempelajari sejarah itu tidak perlu, maka untuk apa ada Al-Qur’an? kitab suci alquran itu kan sudah berabad umur nya, tapi sampe sekarang masih menjadi tuntunan utama untuk kita agar selamat dunia dan akhirat. ilmu nya tidak pernah usang dimakan waktu. karna sejarah akan berulang, itu pasti! itu sebabnya, kita harus mempelajari sejarah. begitupun dalam mengasuh anak. belum lama saya mengikuti seminar parenting nabawiyah. sebelum memulai sang ustadz bilang, kalo masih ada yang berpandangan cara nabi mendidik itu zaman dulu, sudah tidak pantas digunakan sekarang, lebih baik keluar tidak usah ikut kajian saya. ya…bagi saya, sejarah selalu menarik untuk di pelajari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s