children · F&F · healthy

berkunjung ke dokter gigi

hari sabtu kemarin, saya mengajak faqih&Farouq ke dokter Gigi di kemangmedicalcare hospital. cukup susah appointment ke dokter Gigi spesialis anak di hari sabtu. kira2 2-3 minggu sebelum nya harus daftar. karena ini pertama kali nya f&f bekunjung ke dentist, jadi sudah saya persiapkan mental nya sejak jauh hari dengan memperlihatkan video anak2 kecil yang berkunjung ke dentist (bisa dilihat di youtube), saya ceritakan proses pembersihan gigi bagaimana, rasanya seperti apa, sampai akibat nya kalo Gigi rusak, dll.
sebenar nya target saya hanya memperkenalkan dokter gigi ke f&f. andaikan nanti, mereka belum berani, saya tidak akan memaksakan. sengaja berangkat pagi2, rencana nya kita mau sarapan di taman, biar f&f bisa main2 dulu.

image

sampai di RS tepat waktu, ga pake nunggu lama f&f masuk ke ruangan bu drg. Yuri. ngobrol2 sebentar, bu dokter ngajak ke tempat duduk pemeriksaan nya. yang pertama kakak faqih, adik Farouq ngeliat aja dulu. anak nya duduk sendiri Trus langsung buka mulut, bunda nya deg2an. gigi nya di sikat dan karies gigi nya dibersihin. karies itu sisa2 makanan yg mengendap di gigi jadi merusak gigi. kalo f&f gigi nya belum sampai rusak, tetapi gigi depan nya 2 buah atas nya mulai kuning. padahal f&f ga kenal dot dari kecil. ya tapi nama nya anak2, mungkin sikat gigi nya kurang bersih atau faktor lainnya. saya dan suami juga tidak mau mengulang nasib kita, yang terlambat kenal dokter gigi hahaha…udah gede baru mau merawat gigi. sebenar nya udah telat banget ya…harus nya ya dari kecil2 gini. banyak ortu yang berpikiran “ah…masih gigi susu ini, nanti juga ganti gigi” justru yang menentukan kualitas gigi tetap nanti ada di gigi susu ini. karena bibit gigi tetap ada di bawah gigi susu. kalo gigi susu nya rusak sampai ke saraf bisa merusak calon gigi tetap nya. bisa menyebabkan sakit gigi, demam, sinusitis, sampai meningitis. berbagai madam penyakit bisa berawal dari gigi.
setelah karies nya dibersihkan, ternyata gigi nya jadi bolong2 ga utuh lg. agar gigi nya utuh lg seperti semula harus ditambal. jangan bayangin di tambal kayak zaman dulu. kalo untuk anak nama nya tambal mahkota. proses nya ga sampe 5menit dan hasil nya bikin gigi anak kembali seperti semula. yang Gigi depan nya tadi nya kuning jadi putih lg. tambal mahkota ini juga dapat melindungi gigi tidak merusak akar sampai tiba waktu nya ganti gigi tetap.

image

faqih selesai tindakan dengan lancar. anak nya g kesakitan sama sekali. giliran farouq sy tidak berharap banyak karena usia nya yg masih kecil. ternyata, farouq berani juga, walaupun masih saya pangku. dan ternyata lagi, gigi yang harus ditambal lebih banyak dibanding kakaknya. faqih hanya 2gigi sedangkan farouq 4gigi. adik nya ini kan kalo gosok gigi ga mau dibantu, mau nya sendiri aja, jadi kurang bersih kayak nya

image

alhamdulillah… kunjungan pertama f&f ke dokter gigi berjalan lancar, cepat, dan menyenangkan yeayyy…
catatan untuk mommy2 yang mau membawa anak nya ke dokter gigi. rata2 seh kasus nya sama ya kalo untuk anak2 yaitu karies gigi. dan kalo sudah di scaling atau dibersihkan, dokter nya menyarankan untuk ditambal mahkota, sebaik nya mommy2 menanyakan dulu harga nya. karna saya cukup terkejut sewaktu mau bayar ternyata untuk 1gigi tambal mahkota rp.800rb sedangkan f&f 2gigi+4gigi= 6gigi x rp.800rb = rp.4.800.000 ditambah biaya konsultasi dll total rp.6.800.000,- dan ternyata tambal mahkota ini tidak di tanggung asuransi kantor.

image

image

setelah saya cari informasi ternyata masing2 dokter Gigi itu punya tarif yang berbeda2 dan bisa tawar menawar. tambal mahkota ini sepanjang Gigi susu ada. jadi nanti lepas sendiri bilang gigi susu nya lepas berganti gigi tetap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s