healthy · motivation · Uncategorized

food combining

coba food combining (FC) ini seh baru 6bln. sebener nya tau nya udah lama. cuma ga pernah mempelajari nya dengan serius. sekedar tau aturan nya aja.

trus, waktu saya orientasi seminggu di kantor, temen beda instansi yang jadi soulmate orientasi adalah FCer (sebutan pelaku food cobining). pagi2 pas kita cari sarapan bubur, ketupat sayur, dan nasi uduk, dia buka bekal buah2an nya. begitu juga siang nya, pas kita makan campur2, dia cuma ambil nasi dan tahu+tempe dan kembali membuka bekal aneka sayur nya. tertarik dong eikeh!!! besok nya dia bawain satu bundel artikel tentang food combining. beneran satu bundel setebal buku harry potter and the sorcerres stone. saya baca sekali habis satu hari. karna saya orang kesehatan, saya mengajukan beberapa pertanyaan yang bertentangan dengan FC, dimana pertanyaan nya seputar pola makan orang Indonesia yang sudah terbiasa, yang ternyata menurut FC salah. teman saya menjawab yang masuk ke logika saya, tapi saya kurang puas, ya…kita berdebat sehat! akhirnya teman saya bilang begini: “lu coba dulu deh (FC nya), ga usah lama2 seminggu aja, nanti lu baru ngerasain.”

baiklah, besok nya saya belanja buah, dengan tekad kuat seminggu melaksanakan FC. buat saya ga terlalu susah ber-FC, karna saya emang suka banget sama buah dan sayur. dari kecil juga saya terbiasa makan sayur mentah atau lalapan, karna mama saya orang Sunda. sehari-duahari-tigahari…lancar ber-FC yang paling berasa itu hasil pencernaan saya lancar. padahal biasa nya sembelit. dan badan jadi entengan.s beneran enak di badan. jadi saya terusin sampe sekarang, walaupun terkadang ada kendor nya semangat nya. biasa nya seh karna ga ada stock buah padahal udah laper, jadi makan aja apa yang ada di depan mata. sebener nya ikut FC ini bukan buat diet, BB saya masih normal. tapi saya ingin menerapkan pola hidup sehat. saya ini punya maag, karna dari dulu makan nya suka ga teratur. zaman kuliah kalo lagi banyak kegiatan dan tugas, makan bisa lupa.

ini saya tulis ringkasan mengenai FC dari web nya:

FoodCombining (atau FC) adalah POLA MAKAN HARIAN, (Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam) yang mencari keseimbangan dalam tubuh, yang bertujuan untuk membentuk PH darah yang netral antara acid-base (asam-basa), dan mengkondisikan Homeostasis tubuh (Homeostasis = kondisi keseimbangan internal yang ideal, di mana semua sistem tubuh bekerja optimal untuk memenuhi semua kebutuhan tubuh.)

berikut juklak (petunjuk pelaksanaan) nya:

6.-sop-panduan-dasar-food-combining-aw1

jadi, biasa nya neh bangun tidur sebelum shalat shubuh, saya minum air hangat ditambah perasan jeruk lemon/nipis. biasa nya sering disebut sarapan jeniper (jeruk nipis peras) dan lemper (lemon peras). kenapa sebelum shalat shubuh? karna setelah kita tidur semalaman, kan tubuh ikut berpuasa karna tidak makan apa2. banyak kuman baik yang ada di dalam mulut. nah, kita bantu si kuman baik itu masuk ke dalam tubuh dengan minum jeniper/lemper. minum jeniper/lemon nya pelan2, di kumur2 dulu baru di telan.

  1. bangung tidur minum air hangat + jeniper/lemper
  2. jam 07.00 minum air putih
  3. jam 08.00 makan buah potong/jus
  4. jam 09.00 minum air putih
  5. jam 10.00 makan buah potong/jus
  6. jam 11.00 minum air putih, biasanya sampe jam 11.00 saya tergetkan minum air putih 500-900ml. kasih jeda 1-1/2 jam sebelum makan siang.
  7. jam 12.00 makan siang (nasi+sayur+tahutempe) atau (protein hewani+sayur+tahutempe)
  8. Jam 13.30 minum air putih
  9. jam 16.00 penganan (rebus2an, kacang ijo, dll)
  10. Jam 19.00 makan malam  (nasi+sayur+tahutempe) atau (protein hewani+sayur+tahutempe)

beberapa tips:

  1. sehari minum 1-1,5 liter
  2. sehari boleh mencampur beberapa buah
  3. setelah jam 20.00 sudah tidak makan
  4. 1 jam sebelum dan 1 jam sesudah makan baru minum air putih
  5. di saat makan tidak minum
  6. FC itu mudah, cari makan di warteg juga bisa, tinggal campur2 sayur.
  7. jajanan FC apabila susah mencari sayur: gado2, karedok, siomay, ketoprak, toge goreng
  8. tidak boleh minum kopi atau teh manis
  9. tidak makan cake sebagai camilan
  10. nanti ditambah kalo inget…hehehe…
  11. lebih jelas nya klik http://foodcombiningindonesia.co.id/ atau like fanpage FB : Food Combining Indonesia

tapi tenang aja, dalam seminggu, di jatah 2 hari untuk cheating day, artinya dalam 2 hari itu boleh makan apa aja…bebas…biasa nya saya cheating day kalo abis puasa, butuh asupan lebih. eh…tapi kalo udah biasa FC, sekali nya cheating, kalo saya langsung diare. efek nya beda2 di lain orang. kalo teman saya abis cheating, tenggorokan suka sakit. itulah reaksi tubuh yang sebenar2nya dimasukin makanan ga sehat. kalo udah terbiasa makan sehat, tubuh bereaksi diamsukin makanan cheating. nah…biasanya kalo mau cheating, saya tetap minum jeniper/lemper dan malam nya saya bikin jus sayur, diguyur enzim tuh badan nya.

bila badan sudah sehat, badan bisa mengobati penyakit sendiri (kalo emang ada penyakit). banyak kasus penyakit yang sembuh setelah menerapkan FC. kalo semangat mulai kendor juga biasa nya saya terkena flu, abis itu langsung semangat nge-FC lagi. sebelum memulai FC, dianjurkan detoks tubuh dengan hanya makan buah saja selama 3hari. tapi saya belum coba seh, karna emang saya ga ada penyakit dan BB normal.

biasa nya buah itu kan makanan yang paling terakhir prioritas nya. padahal bila kita perhatikan, didalam al-quran satu2 nya makanan yang disebut adalah buah. berkali-kali buah disebut sebagai makanan penduduk surga. redaksi nya saya sedikit lupa, disebut bahwa Allah menumbuhkan tanaman dan buah2an untuk kita manfaatkan. dahsyat nya lagi, kekurangan buah2an itu disebut Allah sebagai ujian loh “sesungguhnya kami BENAR2 akan menguji kalian dengan sedikit rasa takut, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan BUAH2AN”

jadi, buah penting kan?

selamat mencoba FC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s